Ikuti Tutorial Ini, Tutorial Cepat Mengatasi Duduk Perkara Dvd Drive Tidak Terbaca

Ikuti Cara Ini, Cara cepat mengatasi Masalah DVD Drive tidak terbaca


Apakah anda punya dvd? Sering menonton film, menyimpan data, instal windows atau yg lainnya? Jika ya maka anda sudah pernah memakai DVD Drive, Tahukah anda bahwa DVD drive merupakan perangkat yg sensitif serta simpel rusak.

Hal yg menjengkelkan ialah jikalau anda sudah siap menonton film, main game, atau ingin menginstal sebuah kegiatan tetapi tidak sanggup alasannya ialah DVD drive tidak bekerja atau tidak membaca data. Berikut ialah langkah cepat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Silahkan pilih cara dibawah ini yg sesuai dengan jenis kerusakan perangkat anda serta ikuti langkahnya untuk menemukan jenis masalah, mudah-mudahan DVD drive anda sanggup bekerja kembali menyerupai semula.

Tentu saja jikalau Anda mempunyai persoalan dengan DVD drive, hal pertama yg harus dicoba ialah DVD lain. Jika persoalan sepertinya ada pada DVD anda, cobalah membersihkan dengan kain lembut atau larutan pembersih DVD. Jika drive tidak bekerja semua, maka periksa koneksi untuk drive eksternal anda. Untuk drive internal, periksa komputer kipas pendingin, filter, serta ventilasi. DVD drive kasertag-kasertag sanggup menso yg paling rentan terhadap panas masalah.

 

1) DVD Drive Tidak mendapat cukup daya


Penyebab paling umum dari persoalan DVD ini merupakan persoalan dengan koneksi listrik atau daya. Hal ini terutama berlaku pada drive eksternal.  Periksa semua sambungan listrik, periksa colokan ke stop kontak atau outlet strip serta perhatikan apakah semua bekerja normal.

Untuk DVD drive internal pada sistem desktop, anda sanggup lepaskan epilog serta mencoba menghubungkan konektor power yg berbeda dari baki listrik. Jika DVD drive mulai bekerja, maka ada persoalan dengan power supply PC ke DVD drive.Jika tidak, maka DVD drive tidak sanggup ngangkat

Jika DVD drive tetap mati maka mungkin sudah waktunya untuk membeli DVD Drive baru atau di servis ke ahlinya.

2) DVD Drive Tidak sanggup membuka padahal mempunyai Daya


Jika DVD sepertinya mempunyai daya, tapi pintu DVD drive tidak terbuka, tekan tombol pembuka beberapa kali. Jika masih tidak berhasil, coba restart komputer lalu membuka DVD drive.

Jika drive masih tidak membuka lalu klik kanan drive DVD di My Computer serta pilih Eject.Jika itu tidak berhasil, saatnya untuk melaksanakan eject DVD secara darurat. gunakan ujung kertas serta masukan ke dalam lubang kecil di sebelah tombol eject DVD drive.Bersiaplah untuk menghadapi disk unseated yg mungkin terso atau untuk menjaga drive jikalau tiba-tiba segera menutup lagi. Menggunakan eject darurat pun akan membuka DVD drive ketika daya komputer dimatikan.

3) Windows tidak mengenali salah satu DVD Drive


Jika Anda memasukan DVD ke dalam drive serta sepertinya tidak terbaca atau memuat DVD,  hal pertama yg harus dilakukan ialah merestart komputer anda, jikalau itu tidak berhasil, lakukan verifikasi status DVD drive.

Untuk mengusut status DVD drive, buka My Computer > klik kanan drive serta pilih Properties.Window Properties akan mengungkapkan jikalau perangkat tersebut bekerja dengan benar. Jika Windows mengenali persoalan dengan hardware atau driver DVD drive, itu akan dicatat di sini.Properties pun sanggup diperiksa dengan mengklik kanan perangkat di windows device manager(Control Panel - System). Device Manager akan menempatkan tanda seru di samping perangkat yg tidak bekerja dengan benar.

Software serta konfigurasi persoalan biasanya sanggup diselesaikan dengan pengaturan yg sempurna atau instal ulang driver. Pengaturan drive sanggup dipadukan atau diubah dengan mengakses pengaturan BIOS selama start-up. Jika Anda tidak yakin bagaimana caranya untuk masuk BIOS, cari petunjuk yg terperinci ketika muncul di monitor selama start-up.Jangan menggampangkan kiprah ini, sengaja atau tidak benar dalam mengubah pengaturan BIOS lainnya hanya akan menciptakan keadaan menso lebih buruk.

Jika semuanya gagal, Anda sanggup memverifikasi koneksi, terutama pada drive eksternal. Jika DVD drive tidak pernah merespon, maka mungkin kegagalan yg memerlukan perbaikan serta penggantian.

4) DVD Drive Tidak sanggup memainkan DVD


Jika DVD drive sepertinya mempunyai daya, membuka serta menutup, serta sepertinya bekerja normal di Windows tapi masih tidak sanggup mutar, maka (seperti dijelaskan di atas) hal pertama yg harus dicoba ialah memakai DVD lain, serta mungkin mencoba DVD di drive yg berbeda.

Jika Anda belum mengusut status perangkat DVD drive, ikuti petunjuk di Bagian 3 untuk memverifikasi Windows biar sanggup berkomunikasi dengan perangkat yg benar. Microsoft pun mempunyai cara penyelesaian persoalan online untuk DVD drive yg tidak sanggup membaca DVD.

Umumnya, DVD drive telah terbukti menso belahan yg sangat handal dari sistem komputer.Kegagalan secara pribadi memang agak langka, so jikalau Anda mengalami persoalan dengan DVD drive Anda mudah-mudahan itu ialah persoalan kecil yg sanggup diselesaikan dengan mengikuti langkah-langkah di atas
Sourche: azkamaja

Artikel Terkait