Tutorial Memainkan Pokemon Go

Tags


Saat ini siapa pun niscaya sepakat bila saya menyebut Pokémon GO sebagai salah satu game AR paling fenomenal yg ramai dibicarakan kalangan gamer mobile di aneka macam penjuru belahan dunia. Indonesia sendiri tak ingin ketinggalan untuk ikut serta memeriahkan demam game yg satu ini.

Meskipun belum secara resmi beredar di Indonesia, namun ribuan gamer di tanah air seolah tidak kehilangan logika untuk bisa tetap memainkan Pokémon GO.

Seperti yg sudah sempat disinggung dalam artikel preview game Pokémon GO game buatan Niantic Labs ini memang mempunyai kekurangan dari segi klarifikasi prosedur permainan sehingga cukup meninggalkan banyak pertanyaan bagi para pemain baru.

Dengan tujuan membantu banyak pemain Pokémon GO di luar sana, lewat rubrik berikut ini kami menyajikan panduan komprehensif bagi para Pokémon trainer Indonesia, berikut tip serta trik supaya kau semua bisa menso salah satu trainer terhebat dalam waktu singkat. Makara apakah kau siap untuk melengkapi Pokédex kau serta menso penguasa Gym di kotamu?

Cara menangkap Pokémon diPokémon GO

Setelah selesai menciptakan avatar, gameini akan pribadi mengajak pemain untuk menangkap monster pertama mereka lewat sebuah mini game lempar bola Pokéball yg mengingatkan saya akan permainan Can Knockdown. Meskipun awalnya terkesan mudah, namun Niantic tidak memperlihatkan informasi mendetail seputar indikator bulat yg muncul di ketika kau sesertag melempar Pokéball.

Indikator bulat tersebut intinya merupakan penentu keberhasilan kau selain arah dari sapuan jari ketika melempar Pokéball. Apabila kau menahan jarimu cukup usang pada potongan tampilan, indikator tersebut akan mengecil serta kembali membesar sampai Pokéball tersebut kau lemparkan ke arah monster. Semakin kecil indikator tersebut maka semakin besar kesempatanmu untuk menangkapnya (asalkan lemparan sempurna mengenainya lo ya).

Jika lemparanmu meleset, kau bisa mencoba untuk memungut kembali Pokéball yg terjatuh dengan melakukan tap di potongan Pokéball tersebut sebelum jadinya hilang.

Satu hal lagi, ketika kau melempar Pokéball kau pun bisa melaksanakan trik lemparan melengkung (Curve Ball) dengan cara sedikit memutar-mutar bola tersebut sampai muncul animasi khusus di tampilan. Trik untuk mendapatkan experience tambahan ini ialah cara melempar Pokéball yg cukup susah dilakukan, so pastikan kau mempunyai banyak stok Pokéball supaya bisa lanjut berburu Pokémon sehabis memamerkan trik ini di depan teman-temanmu.

Tip: fitur AR hanyalah gimmick yg perlu kau matikan

Untuk efisiensi daya baterai kau ketika bermain Pokémon GO, saya sarankan kau untuk mematikan fitur camera AR alasannya ialah fungsinya sendiri lebih terkesan gimmick serta terkasertag merepotkan pemain.

Menggunakan AR sendiri mengharuskanmu untuk meyesuaikan letak smartphone secara baik serta benar supaya lemparanmu benar-benar mengenai sang Pokémon. Intinya bila kau ingin pengalaman bermain yg lebih lama, matikan fungsi AR ini di potongan hidangan pengaturan atau di potongan atas kanan tampilan ketika proses penangkapan Pokémon dimulai.

Menangkap Pokémon di level yg lebih tinggi

Aksi lempar Pokéball sendiri seiring berjalannya permainan akan semakin menantang. Hal ini bisa kau lihat dari level huruf pemain serta tinggi nilai CP (Combat Points) yg ditunjukkan di potongan atas Pokémon. Apabila percobaan melemparmu terlalu usang serta pun sering meleset, Pokémon tersebut akan kabur serta kau akan kehilangan kesempatan untuk mendapat monster tersebut.

Selain durasi melempar, pada level yg lebih tinggi, kau pun dituntut menggunakan Pokéball tipe tertentu serta item khusus (seperti buah Berry) untuk menjinakkan monster dengan tipe pun besaran CP yg lebih bagus.

Sistem indikator lemparan game ini pun pun sedikit dirombak dengan contoh warna yg memperlihatkan tingkat kesulitan dari proses menangkap Pokémon tersebut. Indikator hijau berarti kau menghadapi monster yg relatif gampang ditangkap. Kuning artinya monster tersebut berpengaruh serta bisa lolos dari jeratan Pokéball kamu, serta terakhir merah yg artinya kau harus siap dengan resiko kehilangan Pokéball terbaikmu.

Trik: menangkap Pikachu di awal mula permainan

Ingin mempunyai Pikachu sebagai monster pertama kamu? Jangan khawatir alasannya ialah Niantic Labs belakang layar mendatangkan makhluk kuning ini sebagai easter egg yg bisa kau buka sendiri di awal permainan

Seandainya kau kurang suka dengan tiga Pokémon Starter yg kau temui di potongan awal Pokémon GO, kau bisa menjumpai sosok Pikachu dengan bergerak kurang lebih 100 sampai 200 meter dari lokasi awal kau memulai permainan.

Pikachu sendiri ialah monster yg menarik alasannya ialah Pokémon tipe listrik ialah sesuatu yg jarang kau jumpai di potongan awal Pokémon GO. Saygnya untuk bisa mendapat Pikachu lagi ialah upaya yg langka bagi sebagian orang, so urusan apakah kau akan setia menggunakan Pikachu untuk keperluan duel atau tidak, semuanya tergantung koleksi monster terkuat kau nanti.

Tip: jangan ragu untuk “menjual” Pokémon yg tidak kau gunakan

Tujuan bermain Pokémon adalah melengkapi daftar Pokédex kau dengan segala macam monster yg ada di seluruh dunia. Mengingat jumlah tas untuk menampung Pokémon kau terbatas, maka saya sarankan kau untuk tidak ragu-ragu “menjual” monster dengan angka CP terendah.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengklik tombol transfer di potongan bawah profil sang monster. Dengan ini kau bisa mendapatkan item Candy yg berfungsi untuk meningkatkan level monster sejenis di kemudian hari.

Yang perlu kau ketahui seputar lingkungan Pokémon GO

Pokémon GO menggabungkan teknologi Geo-Tagging GPS sebagai medium untuk mengacak lokasi monster supaya pemain termotivasi keluar rumah serta mengeksplorasi tempat sekitarnya.

Selama berkeliling, kau akan mendapat notifikasi getar dihandphone yg membuktikan ada Pokémon liar di sekitar mereka. Setelah itu, kau bisa menekan tampilan Pokémon untuk memulai proses menangkap monster menyerupai yg telah dijelaskan tadi.

Saygnya game ini tidak menyediakan fungsi notifikasi tampilan off screensehingga mau tidak mau smartphonekamu harus selalu aktif menyalakan tampilan aplikasi ini untuk memantau perkembangan monster di sekitar.

Hal tersebut menso salah satu kekurangan Pokémon GO yg perlu kau atasi dengan penggunaan power bank atau perangkat mobile chargerlainnya. Jika kau kebetulan sekali punya uang lebih, kau bisa menggunakan gelang Pokémon GO Plus yg sampai kini gres tersedia di beberapa negara.

Trik: unduh peta Google Maps untuk menghemat baterai!

Salah satu trik untuk mengurangi daya konsumsi baterai game ini ialah dengan memanfaatkan akomodasi petaoffline Google Maps. Sama sepertiIngress, Niantic memanfaatkan proteksi API Google Maps sebagai peta dalam permainan Pokémon GO,so kau bisa membantu sistem gameini supaya tidak terus-menerus mengolah peta lokasimu dengan cara:

Unduh serta buka Google MapsPergi ke hidangan pengaturanPilih fitur Offline Maps serta tentukan lokasi peta yg ingin diunduhSelesai! Dan baterai perangkat kau bisa lebih hemat

Tipe Bangunan dalam dunia Pokémon GO

Dalam game ini lingkungan sekitarmu disulap menso arena perburuan monster yg sangat luas serta pun disokong dua tipe bangunan menyerupai arena bertarung Pokémon Gym serta lokasi checkpoint pemain berjulukan PokéStop. PokéStop terletak di tempat-tempat penting menyerupai museum, monumen, atau tempat ibadah di sekitar kotamu sehingga kau harus pergi ke luar rumah untuk menemukannya.

Setiap kali kau berhenti di lokasi PokéStop, kau bisa mendapat beragam item menarik menyerupai Potion, Pokéball, buah Berry, serta lainnya dengan cara memutar indikator PokéStop setiap lima menit sekali.

PokéStop sendiri bisa disulap menso lokasi perburuan monster dengan memanfaatkan item Lure Module yg dijual di toko Pokémon GO. Dengan mengaktifkan item tersebut, kau serta pemain lainnya di sekitar lokasi PokéStop tersebut akan didatangi aneka Pokémon selama setengah jam serta kalian pun sanggup menangkap monster tersebut tanpa perlu berkeliling mengitari kota.

Selain PokéStop , kau pun akan menemukan Pokémon Gym. Tempat ini merupakan semacam outpost bagi para pemain untuk mengadu monster Pokémon mereka serta mengambil alih Gym untuk mendapat uang Pokécoins.

Gym tersebut bisa ditingkatkan dengan sering melaksanakan pertarungan antar satu tim (Train) guna meraihexperience atau mengalahkan tim lawan yg mencoba mengambil alih Gym kamu.

Opsi mempertahankan Gym tadi berjalan otomatis serta kau tidak bisa melaksanakan apa pun selain meninggalkan Pokémon terkuatmu untuk dikalahkan oleh tim lawan. Semakin banyak Pokémon berpengaruh dari rekan satu tim yg menjaganya, maka semakin sulit pula upaya tim lawan untuk mengambil alih Gym tersebut.

Sekilas wacana fitur Nearby Pokémon

Nearby Pokémon ialah salah satu fitur Pokémon GO yg cara kerjanya kurang dijabarkan secara mendetail oleh Niantic. Hingga detik ini ada banyak sekali teori yg menjelaskan cara kerja dari fitur Nearby Pokémon tapi bagi saya belum ada satu pun penjelasannya yg betul-betul berfungsi sesuai impian saya di lapangan.

Saya pribadi menganggap Nearby Pokémon sebagai indikator “acak” untuk melihat monster apa saja yg ketika ini sesertag berada bersahabat dengan pemain.

Jika kau melihat ada baygan atau gambar Pokémon dengan gambar jejak kaki hanya satu itu artinya sang Pokémon sudah cukup dekat, hanya saja kita tidak tahu di arah hadapan mana mereka berada.

Semoga kelak saat game ini dirilis global, Niantic memperlihatkan klarifikasi yg lebih detail seputar fitur Nearby Pokémon.

Panduan #3 Battle

Lewat Pokémon GO, Niantic meninggalkan agresi pertarungan turn based ala RPG dari serial gamePokémon klasik serta menggantinya dengan agresi duel satu lawan satu yg berjalan secara real time bagi pihak penyerang. Saygnya ketika ini kau perlu mendatangi lokasi Pokémon Gym terdekat supaya bisa melaksanakan duel serta kau pun perlu memastikan jaringan dunia mayamu cukup berpengaruh untuk menghindari bug yg tidak diinginkan.

Sepanjang duel kau bisa melancarkan dua tipe serangan Pokémon milikmu dengan dua cara yaitu dengan tap biasa untuk melaksanakan serangan pertama serta menahan jarimu di tampilan (hold) guna melaksanakan serangan kedua.

Serangan kedua ialah kemampuan Istimewa yg memerlukan durasi menahan tampilan sampai salah satu deretan kafetaria di potongan bawah nyawamu penuh. Kamu tidak harus mengisi menahan jarimu di atas tampilan sampai semua deretan kafetaria itu penuh, cukup satu saja.

Dalam pertarungan Pokémon GO kamu pun bisa menggerakkan monstermu dengan cara menyapukan jarimu ke arah kiri serta ke kanan. Dengan ini kau bisa mencari celah untuk menyerang atau menghindari serangan Istimewa musuh yg ditandai dengan animasi khusus di atas tampilan.

Mengenal Combat Points lebih dekat

CP atau Combat Points merupakan akumulasi dari atribut monster Pokémon yg kau punya. Angka ini mewakili statistik keseluruhan monster kau serta umumnya disokan patokan pemain soal seberapa berpengaruh level Pokémon yg mereka punya atau sesertag mereka hadapi.

Meningkatkan skor CP sendiri membutuhkan Stardust serta Pokémon Candy yg spesifik dari satu jenis monster saja. Seberapa tinggi angka CP monster tersebut bisa meningkat ditentukan oleh level Trainer pemain.

Meskipun angka CP monstermu besar, tapi jangan sokan ini sebagai jaminan kau bakal menang bertarung alasannya ialah tipe Pokémon (serta koneksi dunia maya hehehe…) turut memengaruhi hasil selesai dari pertarungan.

Tip: kenali elemen Pokémon musuh sebelum mulai menyerang

Tentu bukan game Pokémon namanya bila kau tidak dihadapkan dengan rumitnya meyesuaikan elemen dari monster yg kau adu, alasannya ialah masing-masing mempunyai kelebihan serta kelemahan terhadap tipe Pokémon tertentu. Misalnya di sebuah Gym terdapat monster Pinsir yg merupakan Pokémon jenis Bug. Monster semacam ini yg lemah terhadap Pokémon jenis api serta pun batu, sehingga untuk mengalahkannya kau perlu menggunakan monster dari tipe tersebut.

Untuk daftar lengkap soal kelebihan serta kelemahan monster yg ada dalam Pokémon GO, kau bisa melihatnya di bawah ini.

Klik pada potongan gambar untuk memperbesar

Trik: one-two step and then attack!

Sebagai pihak penyerang, kau mempunyai kesempatan yg cukup besar untuk mendominasi pertarungan duel monster dalam Pokémon GO.Berhubung lawanmu dikendalikan secara otomatis oleh komputer, kau lebih leluasa untuk berstrategi dalam bertarung salah satunya dengan teknik menghindar satu atau dua langkah kemudian kemudian menyerang.

Perlu diingat pula bahwa trik ini tidak selamanya bisa membuatmu memenangkan pertarungan. Terkasertag faktor berkecepatan dunia maya mobile pun menso halangan kecil yg membuatmu susah untuk menghindari serangan musuh di potongan awal pertarungan. Intinya jangan menyerah. Jika kau sudah gatal untuk menang, melakukan tap di atas tampilan secara membabi buta bisa menso opsi terakhir kau untuk memenangkan pertarungan.

Pertanyaan umum lainnya

Tanya (T): Apakah saya bisa bertukar monster Pokémon dengan pemain lain?
Jawab (J): Bisa! Tetapi tidak untuk kini alasannya ialah Niantic sendiri berencana mengimplementasikan fitur ini ke dalam update gameplayberikutnya.

T: Saya pengguna Android, adakah cara untuk mengunduh Pokémon GO selain lewat situs penyedia APK?
J: Ada yaitu melalui jalur VPN. Tetapi cara ini tidak jaminan berhasil serta alur yg kau tempuh sangatlah tidak efisien. Untuk detail lebih lengkapnya bisa kau lihat di sini.

T: Seperti apa spesifikasi smartphoneyg cocok menjalankan Pokémon GO?
J: Pastikan ponsel Android kau minimal sudah dipersenjatai OS 4.4 (Android KitKat), RAM 2 GB ke atas serta GPU yg mumpuni untuk gamebergrafis 3D.

T: Saya pengguna smartphone Android dengan chipset Intel, saya sudah mengunduh APK Pokémon GO tetapi saya tidak bisa menjalankannya
J: Kamu mungkin mengunduh APK versi 1.0, coba unduh versi terbaru dari APK tersebut. Beberapa smartphonedengan chipster Intel sudah bisa memainkan Pokémon GO sekarang. Ingat! Hanya ada beberapa (belumsupport semua model).

T: Apakah saya bisa bermain lebih dari satu akun?
J: Bisa, untuk memulai akun baru, kau perlu log-out terlebih dahulu dari akun Pokémon GO serta masuk lagi menggunakan akun Google gres yg telah kau persiapkan sebelumnya. Dengan ini kau bisa bergabung bersama tim lain atau mendukung tim yg telah kau masuki sebelumnya (ini bisa menso trik untuk menjaga sebuah Gym dengan satu smartphone).

T: Di tempat rumah saya tidak ada Pokéstop serta Gym, apa yg bisa saya lakukan?
J: Kemungkinan tempat kau belum pernah dijelajahi oleh pemain gameIngress buatan Niantic sebelumnya. Jika hal ini menimpa kota kamu, kau bisa meminta pihak Niantic untuk dibuatkan Gym atau PokéStop dengan mengisi formulir ini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
Sourche: techinasia

Artikel Terkait