Ethernet Network Cabling & Wiring

Tags

Kabel jaringan yg keras yg dipakai untuk menghubungkan satu perangkat jaringan ke perangkat jaringan lain atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk pun membuatkan Printer, Scanner dll.

























Jenis Kabel Jjaringan
   •   Kabel Koaksial
   •   Kabel Twisted Pair
   •   Kabel Serat Optik


Digunakan tergantung pada Jaringan Lapisan Fisik , Topologi, serta Ukuran. Perangkat sanggup dipisahkan dengan beberapa meter (Melalui Ethernet) atau jarak hampir tak terbatas (Melalui Interkoneksi Internet).

KABEL KOAKSIAL

Membatasi gelombang elektromagnetik di dalam kabel, antara konduktor sentra serta perisai. Transmisi energi sejalan terso benar-benar melalui dielektrik dalam kabel antara konduktor.

Garis Koaksial  dapat ditekuk serta dipelintir (tergantung batas) tanpa pengaruh negatif, serta sanggup mendukung konduktif tanpa menginduksi arus yg tidak diinginkan.

Menunjukkan beberapa jenis kabel koaksial RG serta aplikasi masih dipakai ketika ini,

Penggunaan yg paling umum untuk kabel Koaksial untuk Televisi serta Sinyal lain dengan Bandwidth beberapa Ratus Megahertz ke Gigahertz. Meskipun dalam kebanyakan rumah kabel koaksial telah dipasang untuk Transmisi Sinyal TV.













Teknologi gres (Standar ITU-T G.hn) memungkinan memakai kabel koaksial berkecepatan tinggi dari aplikasi jaringan rumah (Ethernet). Dan perlu diperhitungkan Singnal Loss.































KABEL TWISTED PAIR

Bentuk kabel di mana sepasang kabel (konduktor dari Sirkuit Tunggal) yg memutar bahu-membahu untuk tujuan Menahan Interferensi ElektroMagnetik (EMI) dari pasangan kawat lain serta dari Smber Eksternal.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Ethernet minimal Kategori 5 (Cat 5). Cat 5 diharapkan untuk Fast Ethernet (10/100BaseT), Cat 5e untuk Gigabit Ethernet (1000BaseT) serta Cat 6 atau lebih tinggi memperlihatkan ukuran masa depan.

TIA/EIA-568-A memutuskan dua standar kabel untuk konektor 8-posisi modular menyerupai RJ45.  Ada 8 warna kabel. dipelintir menso 4 pasang kabel, masing-masing pasangan mempunyai warna tema umum. Dua standar kabel, T568A serta T568B bervariasi hanya dalam susunan pasangan berwarna.









Kabel Crossover Ethernet ialah Jenis Kabel Pair Ethernet Twisted dipakai untuk menghubungkan perangkat komputasi bahu-membahu secara eksklusif yg biasanya akan terhubung melalui switch jaringan, hub atau router, menyerupai eksklusif menghubungkan dua komputer pribadi melalui adapter jaringan mereka.










Power Over Ethernet diterapkan di banyak variasi sebelum Standar IEEE 802.3af  IEEE 802.3af menetapkan. Yaitu kemampuan untuk memasok perangkat End-Point dengan 48V DC di atas 350mA atau approx. 16.8W.

IEEE 802.3at update PoE untuk memasok sampai 600mA atau sekitar 28.8W, sering dikenal sebagai PoE +. perangkat harus bisa mendapatkan daya baik pada pasang data [Modus A] (disebut Phantom Power) atau pasangan yg tidak terpakai di 100Base-TX [Modus B].

KABEL FIBER OProdusenIK

Saluran transmisi atau sejenis kabel yg terbuat dari beling atau plastik yg sangat halus serta lebih kecil dari sehelai Rambut, serta sanggup dipakai untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu daerah ke daerah lain.

Sumber cahaya yg dipakai biasanya ialah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer.

Fiber-Optic Gigabit Ethernet didefinisikan dalam standar IEEE P802.3z.

Dua Jenis kabel Serat Optical 
   •   Multi-Mode Fiber
Mengacu pada fakta bahwa sinar cahaya dilakukan secara simultan melalui Waveguide. Hasil dari fakta bahwa cahaya hanya akan menyebarkan dalam inti serat pada sudut diskrit dalam kerucut penerimaan.
   •   Single-Mode Fiber
Memungkinkan untuk kapasitas yg lebih tinggi untuk mengirimkan warta lantaran sanggup mempertahankan setiap pulsa cahaya jarak yg lebih jauh, serta itu memperlihatkan tidak ada dispersi yg disebabkan oleh beberapa mode.

Keunggulan yg sangat besar atas kabel tembaga.
   •   Less Attenuation
 (Kehilangan Sinyal) - Informasi perjalanan sekitar 10 kali lebih jauh sebelum perlu dipersenjatai serta makin irit untuk mengoperasian serta pemeliharaan.
   •   No Interference
(Tidak adaGgangguan) - Tidak ada "Crosstalk" (Interferensi Elektromagnetik) antara serat optik, sehingga pengirimkan warta lebih ahli dengan kualitas sinyal yg makin bagus.
   •   Higher Bandwidth
(Bandwidth lebih Tinggi) - Kabel serat optik sanggup membawa jauh lebih banyak data dari kabel tembaga dengan diameter yg sama.
   •   Small Size and Light Weight 
Kabel Berukuran kecil serta ringan




[  100% Certified Coaxial Cable
[  AXON Coaxial Cables
[  Coaxial Cables

[  Crosstalk in Unshielded Twisted-Pair Cable
[  Shielded or Unshielded Network Cables
[  Understanding Twisted Pair Cable Technology

[  Basics of Fiber Optics - Mark Curran/Brian Shirk 
[  Fiber Optic Telecommunication
[  Fiber Types in Gigabit Optical Communications - CISCO
[  How does Optical Fiber Work
[  Optical Fiber Cables
[  Optical Fibres Cable and Systems

[  Practical Guide To Cable Selection - TI.com
[  The New ITU-T Home Networking Standard



Artikel Terkait