Proses Data Enkapsulasi - Osi Model

Tags

Proses memberikan Informasi melalui lapisan OSI disebut ENKAPSULASI atau PACKETIZATION. Packetization - Proses membuat paket IP. Proses pembuatan paket dimulai dengan Lapisan Aplikasi dari OSI serta terus melalui Lapisan Fisik


Misalnya,
Ketika mentransfer File dari satu komputer ke komputer lain, File mengalami transformasi dari Diskrit (Lengkap) file menso belahan kecil Informasi (Paket). Dimulai dari Lapisan Aplikasi OSI, file terus dibagi hingga awal file yg diskrit menso lebih kecil, belahan lebih gampang dikelola. Informasi yg dikirim melalui media transmisi pada Lapisan Fisik.

Protokol Data Unit (PDU) - Paket Informasi yg dibentuk oleh komputer serta lulus dari satu lapisan OSI yg lain. PDU berisi Informasi Spesifik untuk setiap lapisan.

Setiap Lapisan menambahkan Informasi sendiri (Header) dalam paket.
Informasi yg memungkinkan setiap lapisan berkomunikasi dengan lapisan lain dari komputer peserta untuk memproses Informasi.

Setiap lapisan menganggap apa yg diterima dari lapisan atas nya menso "DATA". Memperlakukan seluruh pesan lapisan yg lebih tinggi sebagai PAYLOAD data.
Pada tamat proses ENKAPSULASI bingkai terbentuk.

Setiap lapisan menambahkan Header untuk PDU yg diterima dari lapisan di atasnya.
Layer 2 pun menambah kan Footer (Trailer).
Tidak ada Header dipadukan pada Layer 1.
Selanjut nya dikirim melalui media Transmisi pada Lapisan Fisik.













SEGMEN, PAKET serta FRAME 
Nama Protokol Data Unit yng ditugaskan untuk Informasi pada titik-titik tertentu dalam proses ENKASULASI. Informasi data yg dianggap menyerupai yg dihasilkan serta diwariskan dari tiga lapisan atas dari OSI, yg sering kolektif dikenal sebagai Lapisan Aplikasi.


Pada Lapisan TRANSPOR
Data diturunkan ke lapisan transport (Layer 4) di mana dirumuskan untuk menyertakan nomor port sumber serta tujuan yg mengidentifikasi aplikasi (seperti FTP atau e-mail) antara mana data harus dilalui. Pada titik ini, data tersebut dianggap segmen.


Pada Lapisan  NETWORK
Segmen diturunkan ke lapisan jaringan (Layer 3), di mana ia dikemas serta diberi sumber serta alamat IP tujuan. Pada titik ini, segmen menso paket.


Pada Lapisan DATA-LINK
Sebuah paket dilewatkan ke data link layer (Layer 2), di mana ia dikemas serta diberi sumber serta tujuan alamat MAC. Sebuah footer pun dipadukan ke paket. footer berisi prosedur pengecekan error disebut redunsertacy check siklus (CRC). Pada titik ini, paket menso frame.

Cyclical Redunsertacy Check (CRC)
Cek Redunsertasi Siklik - Perhitungan matematis yg memungkinkan komputer peserta memVerifikasi apakah paket yaitu sah. Ketika Host mengirimkan Paket, menghitung CRC dengan menjumlahkan semua yg di PayLoad serta menyimpan jumlah ini sebagai Angka Heksadesimal,

Kemudian disimpan di Trailer. Ketika Host mendapatkan membaca Paket,  CRC berjalan sendiri, membandingkannya dengan CRC disimpan di Trailer.
Jika dua pertandingan, paket tersebut tidak rusak, Host peserta memproses Paket.
Jika CRC tidak cocok, Host membuang penerimaan seluruh Pket.


Pada Lapisan PHYSICAL
FRAME diturunkan ke Lapisan Fsik (Lapisa 1) di mana mereka akan dikirim di seluruh media Transmisi sebagai Aliran Bit.

Menghapus Header
Ketika Host mendapatkan Proses Paket, membalikkan proses paket-penciptaan serta merangkum atau menghapus setiap header, dimulai dengan Lapisan  1 serta berakhir dengan Lapisan 7. Semua yg tersisa pada tamat proses ini yaitu ASLI, Data yg tidak berubah , yg Host sanggup Proses.


















[  CLASS And OBJECT Encapsulation - Janina Voigt
[  Data Encapsulation In C++
[  Data Encapsulation in Software Components - Kung-Kiu Lau
[  Data Encapsulation, Protocol Data Unit (PDU)
[  Encapsulation, Reusability And Extensibility
[  Encapsulation
[  Limitations of Data Encapsulation - Paul L. Bergstein
[  Understanding Data Encapsulation

Artikel Terkait