7 Fitur Gres Ini Bakal Bikin Anda Tak Sabar Menanti Update Android Marshmallow

Tags


Bulan Juni kemudian saat Google memastikan bahwa update Android berikutnya bakal ialah Android versi 6.0, banyak yg terkejut bahwa Google bakal mendatangkan lompatan software yg cukup jauh dari Android 5.0 Lollipop hanya dalam waktu setahun saja. Namun apa yg mereka sampaikan dalam peluncuran 2 ponsel Nexus gres dari LG & Huawei ahad kemudian dijamin bakal menciptakan Anda tak sabar menantikan perilisan update Android 6.0 Marshmallow, sebab formasi fitur terbaru dijamin bakal menciptakan Android lebih berakal serta bisa diandalkan untuk aktivitas Anda sehari-hari.

Dari sekian fitur gres yg akan hadir, setidaknya ada 7 fitur gres yg sepertinya bakal sangat menyita perhatian bagi para pengguna, yaitu:
Google Now on Tap
Fitur ini bisa dibilang sebagai fitur terdepan di Android Marshmallow. Secara garis besar, fitur gres ini bakal memungkinkan pengguna mengakses Google Now dari manapun; baik dari homescreen maupun saat sesertag membuka aplikasi tertentu.
Makara contohnya saat Anda sesertag menjalankan sebuah aplikasi tertentu, Anda cukup menekan tombol Home selama beberapa detik (di aplikasi apapun) serta Google Now akan pribadi membaca segenap warta yg ada di tampilan tampilan, untuk kemudian mencari banyak sekali macam warta menarik yg bekerjasama dengan aplikasi yg sesertag Anda pakai.

Google Now kemudian menampilkan warta yg didapatkan lewat sebuah kotak popup mungil di kepingan bawah tampilan.
Sebagai pola lain, contohnya saat seseorang mengirimkan pesan kepada Anda perihal nama dari sebuah kafe/restoran, Anda cukup membuka Google Now on Tap untuk mengetahui nama lengkap daerah tersebut beserta lokasinya di peta.

App permissions
Fitur gres ini mungkin terkesan membosankan bagi sebagian pengguna, namun keberadaannya merupakan tanggapan bagi sejumlah pengguna semenjak lama. Seperti yg Anda ketahui, saat Anda menginstall aplikasi gres dari Play Store, maka aplikasi tersebut akan menyertakan warta perihal kanal ke fitur apa saja yg mereka butuhkan untuk menjalankan aplikasi. Parahnya, Anda cuma sebatas mengetahui perihal kanal apa saja yg dibutuhkan, tanpa mempunyai kemampuan untuk memilih apakah aplikasi tersebut bisa mengakses fitur-fitur menyerupai daftar kontak, galeri foto dll atau tidak.

Lewat update Marshmallow, hal ini bakal berubah. Para developer sekarang harus meminta ijin untuk tiap-tiap kanal yg mereka butuhkan, serta pengguna mempunyai kekuasaan lebih dalam membatasi kanal privasi dari sebuah aplikasi.

Dukungan native untuk sensor sidik jari
Saat ini fitur sensor sidik jari telah menso sebuah fitur yg banyak dijumpai di banyak sekali unit Android. Namun lewat update Android 6.0 fitur ini bakal hadir di lebih banyak unit, sebab kemunculan kontribusi native di Android Marshmallow berarti para vendor tak perlu repot-repot menyiapkan pemrograman untuk sensor tersebut lewat riset mereka sendiri.

USB Type-C
Pasca pengumuman MacBook edisi 2015 di awal tahun, sejumlah vendor Android telah ikut memanfaatkan penggunaan port USB Type-C di unit terbaru mereka. Lewat kemunculan kontribusi untuk port USB Type-C di Android 6.0, maka besar kemungkinan bahwa unit-unit gres di masa mendatang bakal sepenuhnya beralih menggunakan port dengan model bolak-balik ini. Tak perlu khawatir bahwa charger microUSB usang bakal tak kompatibel, sebab Xiaomi telah menyiapkan konektor microUSB - USB Type-C berharga terjangkau.

Doze
Tiap kali sebuah perusahaan mengumumkan update software terbaru, maka bisa dipastikan bahwa fitur gres yg dihadirkan ialah peningkatan daya tahan energi baterai. Untuk Android 6.0 Marshmallow, peningkatan tersebut sepertinya bakal menso sebuah fitur yg lebih cerdas dalam administrasi energi baterai ponsel.

Fitur ini bakal memantau rutinitas pemakaian perangkat kemudian melaksanakan sejumlah pembiasaan bagi tiap aplikasi biar bisa sehemat mungkin dalam mengkonsumsi energi baterai.
Contohnya, kalau tiap hari Anda jarang menggunakan tablet di pagi hari sebab Anda tinggal di rumah, Android Marshmallow bakal rutin melaksanakan pause untuk seluruh aplikasi biar tidak menyerap energi baterai secara berlebih. Sekalipun ini berarti bahwa aplikasi yg akan Anda buka di sore hari sepulang kerja tak menampilkan konten yg segar, namun Google menjamin bahwa optimalisasi yg dijalankan Doze bakal menciptakan waktu standby perangkat meningkat hingga 2x lipat.

Kemampuan cut, copy, & paste yg makin bagus
Tambahan kecil yg pun tak kalah penting di update kali ini ialah kemampuan Android dalam menangani perintah cut & paste goresan pena teks dengan makin bagus. Makara ketimbang pribadi menuju teks yg ingin Anda cut/copy, Android bakal mengambangkan opsi tersebut ke atas teks yg telah Anda pilih.

Chrome custom tab
Jika Anda sering memainkan game Android, maka Anda niscaya pernah mengalami momen dimana Anda mendadak harus meninggalkan game serta membuka sebuah halaman web di Chrome yg terbuka secara perlahan, sementara Anda harus menunggunya dengan sabar untuk bisa membaca isi konten. Lewat fitur gres ini, Android bakal memungkinkan tiap aplikasi untuk melaksanakan preload dari tiap konten di halaman web sebelum mengirimkan Anda ke halaman gres tersebut. Hal ini didesain biar pengalaman Anda saat membua tab Chrome di aplikasi lain bisa berjalan lebih mulus.(gopego)

Artikel Terkait