Backbone Network - Teknologi Jaringan Komputer

Tags

Merupakan Jaringan Komputer yg menghubungkan banyak sekali Potongan Jaringan, memperlihatkan jalan bagi pertukaran Informasi antara LAN atau Sub-Jaringan yg berbeda. BACKBONE sanggup mengikat bermacam-macam jaringan bersama di gedung yg sama, di bangunan yg berbeda dalam lingkungan kampus, atau di tempat yg luas. Kapasitas Backbone lebih besar dari jaringan yg terhubung.



Perusahaan Besar yg mempunyai banyak lokasi mungkin mempunyai Jaringan Backbone yg mengikat semua lokasi bersama, misalnya, kalau cluster server perlu diakses oleh departemen yg berbeda dari sebuah perusahaan yg terletak di lokasi geografis yg berbeda.



Potongandari Koneksi Jaringan (Ethernet, Wireless) yg membawa departemen ini tolong-menolong sering disebut sebagai BACKBONE Jaringan. Kemacetan Jaringan sering dipertimbangkan ketika merancang tulang punggung.

BACKBONE - Inti dari jaringan dengan kemampuan hasil kerja yg tinggi serta Bandwidth yg Signifikan. Kemampuan Jaringan untuk berkomunikasi dengan Jaringan Eksternal (Internet). Adalah akar pohon Jaringan, yg mempunyai sisa jaringan yg akan tumbuh.

Types of Backbone Networks

Serial Backbone

Serial Backbone - Terbentuk dari dua atau lebih perangkat yg terhubung dalam Rantai Daisy (Terkait Seri). Jenis yg paling sederhana. Backbone Serial sanggup dilakukan tidak hanya dari Switch, tetapi pun dari Gateway serta Router.

Saat merancang Serial Backbone, Harus mempertimbangkan batas perangkat yg sanggup dihubungkan ke Backbone di Mode-Berulang. Melebihi batas akan menjadikan kesalahan yg tak terduga serta kehilangan data dalam Jaringan. Serial Backbone tidak toleran terhadap kesalahan serta tidak Scalable, yg menciptakan kurang umum digunakan.

Distributed Backbone

Distributed Backbone - Menggunakan desain Hirarkis dari Jaringan, di mana jumlah perangkat mediator yg terhubung ke perangkat konektivitas satu atau beberapa. Perangkat Sentral Konektivitas bisa menso Switch atau Router.




Collapsed Backbone

Collapsed Backbone - Menggunakan Tunggal, Router berpengaruh sebagai titik koneksi sentra untuk beberapa Sub-Jaringan. Gambar menunjukkan, perangkat Sentral yakni tingkat tertinggi dari Backbone.



Harus mempunyai daya komputasi yg berpengaruh untuk meyesuaikan kemudian lintas padat. Sangat berisiko, sebab kalau perangkat Sentral Gagal, seluruh jaringan akan gagal. Namun, Jenis Backbone yg mempunyai kegunaan untuk menghubungkan dua jenis Sub-Network, dengan kemampuan untuk mengelola serta memecahkan masalah.

Parallel Backbone

Parallel Backbone - Variasi dari Collapsed Backbone, di mana perangkat mempunyai lebih dari satu kekerabatan di antara mereka. Gambar menunjukkan, ada beberapa sambungan antara Router tingkat tinggi serta Segmen Jaringan. Koneksi duplikat menjamin ketersediaan jaringan kapan saja pada berkecepatan lebih tinggi, serta toleransi kesalahan yg tinggi.



Kelemahan logis dari solusi ini harga meningkat, sebab jumlah kabel yg diharapkan sangat meningkat. Tidak wajib untuk mempunyai duplikat kekerabatan antara semua perangkat, pelaksanaan selektif struktur paralel akan secara signifikan menurunkan harga keseluruhan serta menciptakan port aksesori dari perangkat yg tersedia.


[  Backbone Network Requirements - Bob Sultan
[  Backbone networks
[  Connecting LANs and Backbone Networks
[  Connecting LANs, Backbone Networks, and Virtual LANs
[  Core-Backbone Peering Policy
[  Distributed Collapsed Backbone - Allied Telesis
[  Structural Overview of ISP Networks - Robert D. Doverspike



Artikel Terkait