Lapisan Presentasi - Osi Model

Tags

Setiap Tingkat Model OSI berkomunikasi dengan tingkat yg berada di bawah serta di atas itu. Tugas untuk Lapisan Presentasi ialah untuk mendapatkan data dari lapisan Aplikasi serta menerjemahkannya sehingga Aplikasi di sisi lain dari koneksi akan memahaminya.




Lapisan keenam Model tumpuan jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terso pembuatan struktur data yg didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yg sanggup ditransmisikan melalui jaringan.  Mengubah Data Non-Teks menyerupai gambar, gambar, foto, suara, musik, serta video ke bentuk yg memungkinkan workstation di sisi lain dari koneksi jaringan mengubahnya kembali.

Jika kita mengambil pola dari loading halaman Web, Lapisan Presentasi pada sisi server akan mengkonversi gambar serta media lainnya yg berada di halaman ke bentuk dimengerti oleh Browser pengguna.

Lapisan ini bertanggungjawab untuk melaksanakan Enkripsi Data, Kompresi Data, konversi set abjad (ASCII, Unicode, EBCDIC, atau set abjad lainnya), Interpretasi Perintah Grafis, Dll.



Fitur penting kedua dari lapisan presentasi
Enkripsi data di satu sisi, serta Dekripsi di sisi lain.
Ketika Aplikasi atau Web Browser Membangun koneksi yg kondusif dengan Server,
Dicapai dengan memakai lapisan Presentasi model OSI.

FUNGSI LAPISAN PRESENTASI

TRANSLATION
Terjemahan - Sebelum dikirim, Informasi dalam bentuk Karakter serta Angka harus diubah menso Bit Stream. Lapisan presentasi bertanggung jawab untuk Interoperabilitas antara Metode Encoding Komputer yg berbeda memakai metode pengkodean yg berbeda. Ini menerjemahkan data antara format jaringan yg membutuhkan serta format komputer.

ENCRYProdusenION
Enkripsi - Melaksanakan Enkripsi pada Transmitter serta Dekripsi pada penerima.

DATA COMPRESSION
Kompresi Data - Ini membawa keluar kompresi data untuk mengurangi bandwidth dari data yg akan dikirimkan. Peran utama kompresi data ialah untuk mengurangi jumlah bit yg akan 0transmitted. Hal ini penting dalam transmisi multimedia menyerupai audio, video, teks dll

DATA REPRESENTATION
Komputer yg berbeda mempunyai Representasi yg berbeda untuk karakter. Jika dua Komputer yg berbeda sanggup bertukaran teks, mengirim e-mail, Mereka harus oke pada Representasi yg akan dipakai dalam pertukaran. kemudian salah satu harus menerjemahkan dari, atau ke dalam, yg perwakilan yg disepakati . Sebenarnya, problem Representasi hanya ASCII / EBCDIC.

PUBLIC KEY CRYProdusenOGRAFY
Teknik Fantastis (di mana beberapa kunci diperbolehkan diketahui umum) tidak mempunyai kelemahan dari hierarki kunci atau teka-teki.

AUTHENTICATION & DIGITAL SIGNATURES
Bagaimana kita sanggup memverifikasi bahwa dokumen telah tiba dari pengirim yg benar ditentukan dalam pesan komputerisasi sistem.

Misalnya
Bagaimana sanggup bank pastikan pesan ke mendebet rekening OTENTIK,
Membutuhkan metode tersebut, bahwa:
  •  Penerima sanggup memverifikasi (Otentikasi) yg diakui Identitas Pengirim.
  •  Pengirim tidak sanggup menygkal kemudian ia mengirim pesan. (Non-terkemuka Signature).

HASH FUNCTION and MAC
Secara umum, tidak diharapkan untuk membalikkan, mengenkripsi seluruh pesan untuk meng-Otentikasi. Mungkin hanya sebagian Kecil, atau Checksum (dihasilkan oleh Fungsi HASH) perlu dienkripsi secara unik.

Message Outhentication Code (MAC) - Kode Otentikasi Pesan, Semacam bingkai urutan cek Hash yg baik serta pendek. Hasil bit terbalik dienkripsi sedemikian rupa bahwa pengirim Authenticatable. 

Ini lebih unggul untuk membalikkan mengenkripsi seluruh pesan alasannya ialah Fungsi Hash jauh lebih memberatkan komputasi.


Artikel Terkait