Lapisan Aplikasi - Osi Model

Tags

Lapisan paling atas dalam OSI serta TCP/IP model berlapis. Lapisan ini ada di kedua Model berlapis sebab Signifikansinya, berinteraksi dengan pengguna serta pengguna aplikasi. Lapisan ini untuk aplikasi yg terlibat dalam sistem komunikasi.



Seorang pengguna mungkin atau mungkin tidak secara pribadi berinteraksi dengan aplikasi. lapisan aplikasi di mana komunikasi yg sebetulnya dimulai serta mencerminkan. Karena lapisan ini ialah di atas tumpukan lapisan, tidak melayani setiap lapisan lainnya.

Membutuhkan sumbangan Transportasi serta semua lapisan di bawahnya untuk berkomunikasi atau mentransfer data ke Remote Host Manipulasi Data (Informasi) dalam aneka macam cara yg dilakukan dalam lapisan ini yg memungkinkan pengguna atau perangkat lunak untuk mendapat kanal ke jaringan.

Beberapa layanan yg disediakan oleh lapisan ini meliputi: E-Mail, mentransfer file, menpengirimankan kesudahannya kepada pengguna, layanan direktori, sumber daya jaringan dll

Ketika Protokol Lapisan Aplikasi ingin berkomunikasi dengan protokol lapisan aplikasi rekan pada Remote Host, itu menyerahkan data atau info ke lapisan Transport. Lapisan transport melaksanakan sisanya dengan sumbangan semua lapisan di bawahnya.

Tidak ada salahnya memahami Lapisan Aplikasi serta Protokol. Tidak setiap aplikasi pengguna sanggup dimasukkan ke dalam ALapisan Aplikasi.  Kecuali aplikasi yg berinteraksi dengan sistem komunikasi. Misalnya, merancang software atau teks-editor tidak sanggup dianggap sebagai aktivitas lapisan aplikasi.



Di sisi lain,
Ketika memakai Web Browser, yg benar-benar memakai Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) untuk berinteraksi dengan jaringan. HTTP - Protokol Application Layer.

Contoh lain,
File Transfer Protocol, yg membantu pengguna untuk mentransfer teks atau berbasis biner File di jaringan. Seorang pengguna sanggup memakai protokol ini baik GUI software berbasis menyerupai FileZilla atau CuteFTP serta pengguna yg sama sanggup memakai FTP dalam mode Command Line.

Oleh sebab itu,
Terlepas dari perangkat lunak yg Anda gunakan, Protokol yg dianggap di Lapisan Aplikasi dipakai oleh perangkat lunak. DNS - Protokol yg membantu protokol aplikasi pengguna menyerupai HTTP untuk menuntaskan pekerjaannya.














FUNGSI LAPISAN APLIKASI

MAIL SERVICES
Lapisan ini menyediakan dasar untuk forwarding E-mail serta penyimpanan.

NETWORK VIRTUAL TERMINAL
Memungkinkan pengguna untuk log on ke Remote Host. Aplikasi membuat perangkat lunak emulasi terminal pada Host Remote. Pengguna komputer sanggup melaksanakan pembicaraan ke software terminal yg pada gilirannya ke Host serta sebaliknya. Maka Remote Host percaya itu ialah berkomunikasi dengan salah satu terminal sendiri serta memungkinkan pengguna untuk log on.

DIRECTORY SERVICES
Lapisan ini menyediakan kanal untuk info global perihal aneka macam layanan.

FILE TRANSFER ACCESS AND  MANAGEMENT (FTAM)
Mekanisme Standar untuk mengakses File serta mengelolaan. Pengguna sanggup mengakses file di Komputer Remote serta mengelolanya. Mereka pun sanggup mengambil File dari komputer remote.



[  Application Layer Functionality and Protocols
[  Application Layer Protocols
[  Application Layer
[  Chapter 2 - Application Layer
[  The Application Layer and Services
[  Understanding the Seven Layers of Computer Networks



Artikel Terkait