Mengenal Layanan 3G 4G 4G-Lte 5G

Layanan Internet

Di Indonesia memang masih jauh dari kata memuaskan. Jangankan bicara berkecepatan, untuk sanggup mendapat jaringan dunia maya yg stabil saja masih susah. Kehadiran layanan 4G LTE di Indonesia disambut oleh para pengguna dunia maya di Tanah Air. Secercah keinginan kini membuncah dibenak para pengguna yg memimpikan layanan dunia maya yg cepat serta stabil.


Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yg dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. LTE mempunyai keunggulan pada berkecepatan, efisiensi jaringan, sehingga pelanggan sanggup menikmati layanan data dengan lebih nyaman, cepat, serta efisien.

G (Generasi)

Standar sebagai langkah "Perbaikan serta Teknologi terbaru".

Skema modulasi yg berbeda, protokol tumpukan yg berbeda, arsitektur teknologi yg berbeda, radio yg berbeda.

Akibatnya jaringan gres & modem gres lengkap meskipun,  dalam prakteknya mereka digabungkan ke dalam Sistem Fisik satu Multi-Mode.

Perkembangan Teknologi

1G --- Analog
Termasuk NMT, AMPS, TACS .. dll
Ini tidak melaksanakan pengiriman data.

2G --- Digital, Suara
Termasuk GSM, D-AMPS, PDC
Melakukan data hanya sebagai Modem Analog
(menggunakan seluruh saluran) di 9.6Kbps

2.5G -- Menambahkan didedikasikan Data Digital (GPRS)
2.75G - Data yg lebih cepat (EDGE)

Kecepatan Data
  >>  9.6Kbps (GSM)
  >>  33Kbps (GPRS)
  >>  200Kbps atau lebih tinggi (2.75G)

3G ---  Digital
Didukung Data, tapi masih Circuit Switched
Termasuk  UMTS / WCDMA, EvDO

3.5G -- Data yg lebih cepat
menambahkan Paket Data (HSPA) Selalu ON.
Masih arsitektur circuit switched.


Peningkatan pengiriman Data
Dari 2Mbps ke puluhan Mbps

Saingan teknologi  ("CDMA"). IS95, EvDO.
Dipasarkan sebagai 3G ketika dilepaskan, tapi awalnya mungkin lebih bersahabat dengan 2.5G serta kemudian upgrade ke 3G dengan EvDO upgrade.

4G --- Broadband Nirkabel
OFDMA, Flat Architecture, True Paket Switched
Data murni : bunyi sebagai VoIP (VoLTE)
Kebanyakan orang mengungkapkan ini ialah LTE & WiMAX, (meskipun sesertag menunggu untuk peralihan ke LTE-A, menurut definisi data rate).

4.5G - Tidak banyak digunakan
Tetapi mengungkapkan bahwa ini ialah LTE-A
Kecepatan data dari Puluhan Mbps - Ratusan Mbps

5G ---  Belum didefinisikan
Lebih cepat. Kemungkinan untuk menso kasatmata 2020
Yang beropini perihal kini di baserta standar.
kemungkinan akan menso perpanjangan dari 4G tetapi dengan berkecepatan data yg lebih tinggi serta santunan yg makin manis untuk





Long-Term Evolution (LTE)

Nama lengkapnya ialah 3GPP LTE (3rd Generation Partnership Project), yg menyebarkan dokumen serta merilis teknologi ini.

LTE Teknologi 4G oleh perusahaan sebagai pecahan dari layanan Nirkabel atau Mobile, tetapi standar ajaran yg makin manis sebagai "3.9G" sebab belum memenuhi persyaratan yg ditetapkan oleh ITU-R untuk 4G.

Karena tekanan pemasaran serta kemajuan signifikan yg WiMAX, Evolved High Speed Packet Access serta LTE membawa ke teknologi 3G asli, ITU memutuskan bahwa LTE bersama dengan teknologi tersebut sanggup disebut Teknologi 4G.

LTE Standar lanjutan resmi memenuhi persyaratan ITU-R dipertimbangkan IMT-Advanced. Untuk membedakan LTE Advanced serta WiMAX-Advanced dari teknologi 4G ketika ini, ITU telah didefinisikan sebagai "True 4G".
(Generasi ke-5 Jaringan Mobile
atau Sistem Nirkabel)


Tahap berikutnya yg diusulkan utama dari Standar Telekomunikasi Seluler di luar standar ketika ini 4G / IMT-Advanced.

Puncak berkecepatan Koneksi Internet yg lebih cepat, 5G perencanaan bertujuan kapasitas yg lebih tinggi dari 4G ketika ini, memungkinkan jumlah yg lebih tinggi dari pengguna Mobile Broadband per satuan luas, serta memungkinkan konsumsi data lebih tinggi atau tidak terbatas Gigabyte per bulan / pengguna.

Akan membuatnya layak untuk sebagian besar penduduk untuk Streaming Media High-Definition jam per hari dengan perangkat mobile, ketika keluar dari jangkauan Hotspot Wifi.

Mobile Communicatiions






Artikel Terkait