Begini Tutorial Memperbaiki Dan Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Dapat Hidup

Begini Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Laptop Mati Total Tidak Bisa Hidup



Laptop cenderung mempunyai umur yg sanggup dibilang pendek serta tergantung perawatan serta kegunaannya. Laptop populer sulit untuk di upgrade atau diperbaiki jikalau ketimbang dengan komputer desktop atau PC yg dalam penggunaanya cenderung gampang diupgrade mengikuti perkembangan jaman yg semakin hari semakin modern, jikalau ketimbang dengan PC, biaya perbaikan laptop jauh lebih mahal lantaran komponen yg dipakai lebih banyak yg onboard sehingga jikalau ada kerusakan salah satu komponen maka harus diganti sepaket, hal ini lah yg menciptakan banyak orang lebih menentukan membeli laptop gres daripada memperbaiki laptop usang dengan biaya yg besar.

Kondisi ini sangat disaygkan  tidak hanya untuk laptop, tetapi sebagian besar perangkat elektronik lainnya menjadikan gunung sampah elektronik. Beberapa problem laptop, bagaimanapun, kasertag lebih gampang daripada yg anda baygkan. Panduan tips singkat ini menyoroti kerusakan yg paling mungkin, mengeksplorasi bagaimana kita mengidentifikasi penyebabnya serta memandu anda untuk memahami bagaimana cara memperbaikinya.

kita sebelumnya telah menyediakan panduan yg sama untuk komputer desktop. Pelajari pecahan apa saja yg gagal atau bermasalah serta apa yg harus dilakukan untuk mengatasinya, serta bagaimana untuk mendiagnosa problem hardware dikala komputer Anda tidak menyala. Akhirnya, Anda mungkin berkonsultasi dengan beberapa konsultan online untuk berguru bagaimana memperbaiki komputer Anda sendiri.

Komponen hardware dalam laptop




Ada beberapa pecahan laptop yg sangat rentan serta sulit serta mahal untuk diperbaiki. Salah satunya motherboard serta segala sesuatu yg dibuat di atasnya, termasuk CPU (central processing unit) serta GPU (graphics processing unit). Bila Anda yakin bahwa salah satu dari ini rusak, lanjutkan ke pecahan final artikel ini. Untuk laptop Anda berikutnya, bagaimanapun, perhatikan bahwa Anda sanggup mencegah kerusakan dari CPU serta GPU, dengan memastikan mereka tidak terlalu panas dikala beroperasi.

Sistem operasi



Gejala: jikalau laptop anda terdengar normal, jikalau disk drive tampak bekerja, serta jikalau tampilan menyala, tetapi sistem tidak sanggup booting, masalahnya mungkin terletak pada sistem operasi.

Perbaiki: Dengan perkiraan Anda menjalankan Windows, Anda sanggup masuk pada Safe Mode untuk mendiagnosa serta berpotensi memperbaiki masalah. Mungkin itu driver yg rusak atau registry yg rusak. Daripada membuang-buang waktu mencoba untuk memperbaiki sistem operasi Anda, itu mungkin makin elok untuk menginstal ulang itu. Anda sanggup menciptakan casertagan data dari komputer yg tidak sanggup boot memakai Linux Live CD / USB.

Hard disk Drive / Solid State Drive



Drive atau solid state drive yaitu rumah dari sistem operasi anda untuk serta menyimpan semua data Anda pada komputer.

Gejala: Hard drive gagal tidak selalu tampil blue screen, Kasertag-kasertag ada tanda-tanda peringatan, termasuk:

lambat / performa yg buruk;
sering freeze atau lag;
BSODs;
data yg rusak;
akumulasi sektor buruk;
bunyi aneh.

Gejala-gejala diatas merupakan indikasi awal jikalau hard drive anda bermasalah. Ketika Anda melihat tanda-tanda ini, pastikan untuk menciptakan casertagan data Anda sebelum terlambat. Setelah itu, satu-satunya impian Anda yaitu untuk sementara menghidupkan kembali hard drive Anda untuk menciptakan casertagan data. 

Sebuah tanda niscaya bahwa HDD atau SSD telah rusak atau mati yaitu jikalau tampilan menyala, lampu indikator laptop berkedip, tapi tidak ada yg lain yg terso. Anda mungkin melihat pesan kesalahan yg mengungkapkan sesuatu di sepanjang baris dari perangkat boot utama yg hilang. Jika laptop benar-benar mati, namun tidak ada suara, tidak ada lampu, tidak ada getaran serta jikalau Anda telah menyelidiki charger, sangat mungkin bahwa motherboard atau salah satu komponennya telah gagal. Dalam hal ini, lanjutkan ke pecahan final artikel ini.

Solusi: Jika HDD atau SSD telah rusak/mati, Anda sanggup memperbaiki laptop Anda dengan menggantinya,sangat mudah. Lepaskan drive lama, ambil yg gres serta pasangkan konektor yg identik (IDE atau SATA), serta me-mount di kawasan drive usang anda.

CMOS Baterai



CMOS baterai menyediakan daya untuk menyimpan pengaturan BIOS dikala komputer dimatikan.

Gejala dari CMOS sudah mulai buruk: Laptop kebanyakan boot up baik serta semuanya tampak normal, kecuali untuk beberapa problem kecil:

waktu serta tanggal sistem terus-menerus restart;
Driver berhenti bekerja;
kasertag-kasertag, PC tidak akan boot atau hanya mati;
ada CMOS terkait kesalahan sulit dipahami dikala boot;
serta ada problem hardware gila lainnya.
Salah satu dari isu-isu ini sanggup disebabkan oleh beberapa hal. Tetapi jikalau beberapa dari mereka bertepatan, maka itu yaitu tanda niscaya bahwa baterai CMOS Anda gagal.

Perbaiki: mengganti baterai CMOS pada PC desktop. Bahkan pada laptop, mekanisme ini tidak begitu sulit. Baterai biasanya sanggup diakses melalui pecahan bawah laptop. Pada beberapa model, ibarat HP Compaq nw884, mungkin duduk di bawah keyboard. Dalam kasus apapun, itu tidak gampang untuk mengakses sebagai RAM atau HDD / SDD, lantaran tidak ada pintu atau panel sendiri. Jika Anda sanggup menggantinya sendiri gantilah dengan yg baru.

RAM


RAM yaitu memori jangka pendek komputer Anda. Ini berfungsi untuk sementara menyimpan informasi sistem yg dijalankan atau sesertag berjalan.

Gejala RAM buruk:

Laptop tidak sanggup boot serta mungkin berbunyi;
BSODs ketika menginstal sistem operasi;
crash secara acak atau BSODs selama operasi normal;
crash dikala menjalankan aktivitas memori-intensif.

Solusi: Jika komputer Anda masih sanggup booting, jalankan tes memori untuk menyelidiki kesalahan, contohnya memakai MemTest86.

Jika Anda beruntung, mungkin salah satu tongkat RAM Anda tidak duduk dengan benar dalam soket nya. Membuka kait pada pecahan bawah laptop untuk menyelidiki RAM, cabut serta pasang kembali.

Jika itu tidak sanggup memecahkan problem Anda serta jikalau Anda hanya mempunyai satu RAM stick, coba pindah ke slot yg berbeda. Jika Anda mempunyai dua RAM. coba booting komputer dengan satu RAM dilepas serta mencoba kedua RAM di slot yg berbeda.

Tampilan




Sampai dikala ini, saya pikir kerusakan display hampir mustahil untuk diperbaiki. Dan kemudian saya menjatuhkan laptop  serta tampilan laptop saya berubah menso  roti panggang.

Gejala: Selain kerusakan pada tampilan, tampilan Anda mungkin tidak menyala sama sekali. Dalam hal ini, cobalah untuk menghubungkan monitor eksternal, dengan mengecualikan kerusakan motherboard.

Perbaiki: Jika semuanya bekerja dengan baik dengan monitor eksternal, kemungkinan Anda sanggup memperbaiki laptop Anda dengan mengganti tampilan yg rusak. Saya sebelumnya telah menjelaskan jikalau berurusan dengan tampilan rusak pada laptop Anda, hal itu tidak mudah, tetapi sering kali sanggup dilakukan tanpa alat atau keahlian khusus, serta itu sangat membantu serta tentunya terjangkau.

Bagaimana Jika Laptop Anda Tidak sanggup diperbaiki lagi?

Kasertag-kasertag kerusakan tidak sanggup ditemukan dengan gampang pada salah satu pecahan yg sangat kecil, cara yg relatif gampang yaitu dengan menggantinya. Ketika motherboard, CPU atau GPU rusak, serta ketika salah satu pecahan tidak sanggup diganti lagi, hal terbaik yg realistis yaitu menyelamatkan bagian-bagian yg masih fungsional serta mendaur ulang limbah elektronik yg tersisa.
Sourche: azkamaja

Artikel Terkait