Ini Tutorial Berguru Dasar-Dasar Bahasa Pemograman Komputer

Sebelum seseorang terjun ke dalam bisertag pemrograman, ada beberapa syarat yg harus di penuhi, semoga berguru pemrograman ini tidak menjemukan, diantaranya yakni :

Hobi atau bahagia dengan utak-atik, hal ini mutlak di perlukan, sebab kesenanganlah yg menciptakan aktivitas menso menarik serta tidak menakutkan, serta tidak menjemukan.High curiousity, yakni rasa ingin tau yg tinggi. Yakni bagaimana memecahkan sebuah duduk masalah pemrograman hingga ketemu serta tanggapan masalahnya, bahkan mungkin tidak bisa tidur, bagaimana menuntaskan duduk masalah itu.Mau belajar. Kaprikornus seorang programmer jangan gampang puas, harus terus mengasah skill serta kemampuan semoga bisa bersaing dengan yg lainnya.Bisa bahasa inggris minimal pasif, mengingat semua manual pemrograman dikala ini kebanyakan masih berbahasa inggris. Tapi dengan asertaya Google Translator, mungkin duduk masalah ini sebentar lagi teratasi.

Keempat syarat di atas mungkin bukanlah syarat mutlak, tetapi minimal harus dimiliki oleh seorang programmer.


Gbr: segiempat.com
Adapun langkah-langkah berguru bahasapemrograman adalah sebagai berikut :

Menentukan bahasa pemrograman yg cocok. 

Bahasa pemrograman yg gampang di pelajari belum tentu cocok dengan abjad kita, sebab bahasa pemrograman yg elok itu tidak hanya gampang di pelajari, tetapi menyediakan fitur-fitur yg cukup lengkap untuk menciptakan suatu aplikasi yg kita inginkan. Bila orientasi kita yakni bisertag pekerjaan yg nanti kita tekuni, maka carilah bahasa pemrograman yg paling banyak di pakai di dunia, menyerupai Java, PHP, C++, ASP serta lain-lain. Bahasa pemrograman tersebut mendukung konsep OOP baik secara parsial menyerupai PHP serta ASP, maupun full OOP menyerupai Java.

Menentukan tools development yg cocok. Karena kita masih terkendala dengan duduk masalah lisensi yg tidak murah, maka carilah peralatan development yg open source atau gratis, menyerupai PHPEdit, PSPad Edit, EditPlus serta lain-lain. Untuk Java, ada tool gratis yg bernama Netbeans.

Belajar mengetik sepuluh jari. Ini mungkin kurang di sukai oleh sebagian orang, tapi sangat penting bagi seorang programmer, bagaimana beliau berbuat dengan jari-jarinya, maka kemampuan menguasai papan keyboard menso syarat mutlak. Ada banyak software typing tutor gratis yg bisa di unduh di dunia maya diantaranya adalahTypeFaster ,RapidTyping Tutor, FastType serta lainnya. Bila Anda sudah mempunyai berkecepatan ngetik 200cpm (karakter per menit) itu sudah cukup, berarti anda siap untuk menso programmer handal.

Mencari buku yg tepat, mengapa saya katakan “mencari buku yg tepat?” Karena tidak semua buku petunjuk pemrograman elok untuk di beli serta di pelajari. Kebanyakan yakni berisi tutorial semata, kurang bobot, sebab pemrograman bahwasanya bukan hanyak memanfaatkan tool, tapi lebih dari itu, konsep pemrograman yg benar harus di kuasai.

Mencari mentor yg tepat. Mengapa mencari mentor. Seorang mentor atau pelatih tidak melulu kita dapatkan ketika kita mendaftar ke forum kursus tertentu. Mentor lebih dari sekedar guru, sebab beliau bisa kita tanya kapan saja jikalau kita menemui kesulitan. Sekali lagi, kita tidak perlu kursus untuk mendapat mentor ini, tetapi jikalau anda lalu ikut kursus, itu makin elok lagi. Mentor bisa berasal pula dari kalangan tingkat atas yg aktif di millist-milist pemrograman. maka jangan malas untuk ikutan milist, semoga pengetahuan anda bertambah.

Mencari waktu yg tepat. Membuat aktivitas yakni bekerja dengan otak kita, maka otak kita butuh ketenangan dikala bekerja. Dalam kondisi emosi, otak tidak akan bekerja dengan baik, maka memilih waktu yg sempurna untuk berguru pemrograman pun di perlukan.

Carilah proyek kecil. Untuk mengasah kemampuan anda dalam menciptakan program, dibutuhkan latihan yg intens. Mencari proyek kecil-kecilan, menyerupai menuntaskan kiprah sobat kuliah serta sebagainya bisa menso solusi sempurna serta sekaligus bisa mendatangkan uang.

Bila anda menjalankan ke langkah di atas, kami yakin kurang dari setahun anda akan menso seorang programmer yg handal, apalagi jikalau anda sering mendapat proyek-proyek aplikasi, dari rekan maupun dari orang lain yg membutuhkan jasa pengolahan informasi.
Sourche: allcatatan

Artikel Terkait