Tutorial Memperbaiki Hard Drive Yang Rusak Secara Fisik Atau Lambat Semoga Sanggup Berfungsi Normal Kembali

Cara Memperbaiki Hard Drive Yang rusak Secara Fisik atau lambat biar sanggup berfungsi normal kembali

Jika anda mengalami duduk kasus pada hardisk terutama pada potongan fisik maka yg ada dibenak kita hanya satu yaitu “bagaimana dengan data-data penting saya” apakah masih bias diselamatkan atau harus merelakan, tunggu dulu..! jangan berpikiran terlalu extreme dulu, mari kita cek apakah hardisk benar-benar mati atau hanya sebagian yg mati.

Saya akan menandakan kepada anda cara memulihkan hardisk anda tentunya “resiko ditanggung sendiri” kalau anda ragu disarankan jangan memakai metode ini, serahkan pada ahlinya yaitu mekanik professional didaerah anda.


Berikut langkah-langkahnya nya

Bagian 1 dari 4: Konfirmasi Status Drive

  

1





Verifikasi kegagalan. Pastikan drive Anda apakah benar-benar rusak dengan mengusut hal-hal yg sanggup menyebabkan drive Anda tidak berjalan ibarat biasanya.
Jika drive Anda terus menerus mengeluarkan bunyi keras , berhenti serta melompat ke potongan kedua, maka hardisk anda sudah mati.

    

2



Periksa koneksi perangkat keras. Ini yaitu cara terbaik untuk memulai pengecekan, serta kalau ditemukan masalah, maka hal yg harus anda lakukan yaitu :

Pastikan ada arus listrik ke computer . Jika ada kabel yg putus atau rusak ini sanggup menso masalah,segera ganti serta perbaiki.Buka casing komputer. Apakah kabel data (IDE atau SATA) serta kabel listrik masih di tempatnya? Pastikan mereka berada ditempatnya serta tidak ada pin yg tertekuk, rusak, atau putus.

3

 


Melakukan investigasi visual. Kasertag-kasertag, bukan hardisk kita yg rusak atau mati, tapi papan PCB yg mengendalikan operasi yg ada dihardisk. Jika ada lonjakan listrik, atau kegagalan komponen di PCB, drive Anda akan berhenti bekerja, tetapi hanya alasannya yaitu tidak tahu apa yg harus dilakukan selanjutnya.

Carilah gejala kerusakan komponen yg terbakar atau tanda hangus. Jika Anda melihat ini, Anda sanggup bernapas sedikit lega, alasannya yaitu sanggup so itu merupakan sumber duduk kasus serta tentunya sanggup diperbaiki dengan relatif mudah.Jika Anda ingin mengganti PCB, cari PCB yg sesuai dengan model.Lepaskan drive lama, serta menggantinya dengan yg baru. Jangan menyentuh konektor metal pada papan baru Pastikan PCB terpasang berpengaruh ke dalam drive, kemudian pasang kembali sekrup.Hubungkan kembali drive ke komputer. Jika berhasil, selamat! Ini yaitu wangsit yg baik untuk menciptakan backup/casertagan data Anda pada ketika ini, 

Jika tidak bekerja, ikuti langkah selanjutnya

  

4



Periksa untuk melihat apakah drive terdeteksi atau tidak. Jika semuanya terpasang, serta tidak ada gejala PCB terbakar atau hangus, periksa Windows Disk Manajemen atau BIOS, atau Mac OS X Disk Utility untuk mengusut apakah drive anda terdeteksi atau tidak

Bagian 2 dari 4: Pilihan untuk Perbaikan


1



Membuat pilihan: apakah data ini layak diselamatkan, apakah perlu mencari tempat servis professional dengan mengeluarkan biaya untuk mendapat data anda lagi. Jika anda sanggup memperbaiki sendiri maka anda tidak perlu jasa tukang servis.

2


dalam pencarian cepat di Google untuk "suku casertag hardisk" anda akan dihadapkan beberapa pilihan yg berbeda,hati2 kasertag suku casertag itu sanggup dipakai di perangkat yg usang namun tidak sanggup dipakai diperangkat yg baru.

3



Lakukan sendiri. Sebuah metode bagi para pemberani, dalam hal ini berani mengambil resiko kalau apa yg dilakukan berdampak pada kerusakan yg lebih parah.

4



Menyewa teknisi tingkat atas. Ini yaitu pilihan untuk mendapat data anda kembali serta hardisk anda berjalan dengan normal tanpa mengambil resiko, pekerjaan so lebih cepat serta tingkat kesuksesan lebih terjamin tetapi dengan mengeluarkan biaya, namun hal ini sanggup anda pilih serta layak dipakai kalau data anda memang sangat penting.

Bagian 3 dari 4: Do It Yourself

1



Baca ini dulu! Jika drive Anda mengeluarkan bunyi bernafsu ketika pertama kali hidup ini sanggup menyebabkan hilangnya data serta merusak lapisan magnetik pada drive. Jangan mencoba perbaiki sendiri kalau data anda sangat penting, alasannya yaitu hal itu sanggup menciptakan drive anda benar-benar mati. 

2


Secara fisik menguji drive. Tahan drive di satu tangan serta putar perlahan maju serta mundur apakah ada terdengar suara. Hal ini mungkin tampak ibarat "tidak melaksanakan apa-apa", tetapi sebetulnya kalau ada sesuatu yg longgar, itu sanggup menyebabkan kerusakan !!! Jika Anda tidak sanggup mendengar setiap suara, penyebabnya mungkin alasannya yaitu suhu hardisk terlalu panas apalagi untuk ukuran hardisk yg sudah tua.

3


Coba hangatkan. Gunakan panggangan pada pengaturan terendah selama lima menit atau lebih, kemudian mematikannya. Tempatkan drive dalam panggangan selama 2-5 menit, hingga menghangat. 

Hapus drive serta ulangi langkah pertama. Jika Anda masih tidak sanggup mendengar setiap suara, pergi ke langkah berikutnya. Namun, kalau ada perbedaan, pasang kembali drive ke komputer Anda serta mendengarkan untuk spin-up drive serta mengklik normal yg memperlihatkan acara hardisk. Jika semua tampak baik sejauh ini, cobalah untuk mengakses drive, serta memindahkan data ke drive yg baik.Jika diperlukan, panaskan perangkat serta, sementara memegang drive di satu sisi,Ulangi langkah pertama. Dapatkah Anda mendengar gerakan hardisk sekarang? Jika ya, kembali melampirkan drive ke komputer Anda, serta mencoba mengakses drive.Jika Anda sanggup mendengar berirama "klik" dalam waktu dengan gerakan, kemungkinan bahwa kepala drive sudah lancer serta tidak macet. Periksa bahwa Anda tidak mendengar bunyi berderak ketika Anda memutar drive lembut (bolak-balik) melalui 90 derajat. Hal ini akan memperlihatkan komponen longgar serta terputus dalam drive serta berada di luar ruang lingkup atau maksud dari artikel ini.

4


Coba dengan cara didinginkan. Ini yaitu salah satu pilihan kontroversial tapi patut dicoba.
bungkus drive dalam kantong plastik, serta hilangkan udara sebanyak mungkin. Taruh hardisk ke dalam freezer selama beberapa jam.pasang drive kembali ke komputer, serta mencobanya. Jika tidak bekerja segera, cabut listrik serta lepaskan drive, kemudian pukulkan itu pada permukaan yg keras ibarat meja atau lantai secara perlahan.coba lagi. Jika bekerja,segera simpan file Anda, kemudian pasang dengan benar drive anda. Jika tidak, silahkan minta tunjangan andal professional.

Bagian 4 dari 4: Perbaikan Profesional

1



Dapatkan rekomendasi. Ada banyak perusahaan di luar sana yg akan mengatakan untuk memperbaiki drive Anda untuk biaya yg tidak sedikit. Sebelum memutuskan untuk menentukan teknisi professional ada baiknya anda cek identitasnya serta rekam jejaknya sanggup di lembaga atau lainnya untuk memastikan bahwa anda tidak salah pilih teknisi.
Sourche: azkamaja

Artikel Terkait