Pdu | Protocol Data Unit

Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI) yg dipakai dalam telekomunikasi yg mengacu pada sekelompok isu dipadukan atau dihapus oleh lapisan model OSI. Protokol yg menggambarkan hukum yg mengontrol komunikasi HORIZONTAL, yaitu, percakapan antara proses yg berjalan pada sesuai lapisan dalam OSI Reference Model.



Setiap lapisan dalam model memakai PDU untuk berkomunikasi serta bertukar informasi, yg hanya sanggup dibaca oleh lapisan rekan pada perangkat akseptor serta lalu diserahkan kepada lapisan atas berikutnya sehabis pengupasan.

Pada setiap lapisan (kecuali lapisan satu) komunikasi ini kesannya mengambil bentuk semacam pesan yg dikirim antara elemen software yg sesuai pada dua atau lebih perangkat.

Karena pesan yakni prosedur untuk mengkomunikasikan isu antara protokol, yg paling umum disebut Protokol Data Unit (PDU).

Setiap PDU mempunyai format khusus yg mengimplementasikan fitur serta persyaratan protokol.

PDU Acuan OSI

PDU memakai lapis 1 sampai lapis 4
Lapis 1 (Lapisan Wujud) - Bit.
              Simbol Data (Sebagai "Aliran")
Lapis 2 (Lapisan Taut Data) - Frame
              Bingkisan jaringan (Frame)
Lapis 3 (Lapisan Jaringan) - Packet
              Bingkisan jaringan (Packet)
Lapis 4 (Lapisan Angkut)
              - Petak (Segment) untuk TCP
              - Bobotan (Datagram) untuk UDP




Informasi yg dialirhantarkan sebagai satuan di antara Wujud-Rakan (PEER Entities) suatu jaringan serta sanggup berisikan isu kendali, menyerupai isu alamat jaringan, atau data-pengguna/beban-muatan (Payload).

Sistem berlapis, Satuan data diperincikan dalam tatacara komunikasi pada lapisan tertentu terdiri dari Informasi Kendali-Tatacara (Protocol-Control Information) serta pun data pengguna lapisan. Misalnya: BPDU atau PDU iSCSI.



[  Computer Network Layers  (16) - Alex S
[  OSI-Stack  (8) - Peter R. Egli
[  Protocol Data Units and Encapsulation  (7) - Mark A. Dye
[  Protocol Layering  (31) - An Engineering Approach
[  TCP IP Tutorial  (74) - FUJITSU
[  Understanding Data Encapsulation  (3)



Artikel Terkait